PABX dari tahun 1985 hingga tahun 2010

Blog ini akan menampilkan hal mengenai pabx.

Apa itu PABX? 
PABX adalah produk elektronik untuk keperluan kantor yang berfungsi untuk menerima telepon, mentransfer atau memindahkan panggilan kepada orang yang dituju bahkan dapat digunakan untuk berbicara bertiga bahkan saat ini dapat hingga berdelapan bahkan lebih. Dengan menggunakan perangkat ini kantor yang bertingkat atau luas dimudahkan karena pekerja dapat berkomunikasi satu dengan pekerja lainnya dengan mudah dan berbiaya nol pulsa atau rupiah karena tidak perlu menelpon dengan menggunakan saluran TELKOM atau lainnya.

Saat ini pabx yang sekitar tahun 1980 an berupa telepon kantor yang sangat kaku dan dengan kabel yang besar telah berubah menjadi pabx yang enak dipandang dan mudah digunakan.

Perangkat PABX menjadi semakin kecil
Terlebih untuk central pengontrolnya yang dahulu besar dan berat. Kini menjadi unit yang kompak dan jauh lebih ringan dibandingkan dengan central pengontrol pada jaman sekitar tahun 1988. Untuk memindahkan central dengan kapasitas sekitar 100 extension diperlukan 3-4 orang dengan cara menggeser atau mendorong dengan alat bantu. Jauh berbeda dengan saat ini central  pabx yang kompak dapat diangkat oleh 1-2 orang saja.

Sejalan dengan kemajuan dunia elektronik yang meminimalisasi ukuran komponen, maka dunia perangkat elektronik berubah dari besar dan berat menjadi kecil semakin kecil dan semakin ringan.

Demikian perubahan itu akan selalu ada dari masa ke masa.

Dari sekitar tahun 1985 an untuk sambungan komputer digunakan perangkat pabx dan beberapa saat kemudian karena perkembangan komputer dan software yang sedemikian cepat dan memerlukan kecepatan transfer data antar komputer maka sinergi antar kedua peralatan ini menjadi terhenti. Saat ini kembali sinergi antar kedua peralatan voice (suara) dan data komputer kembali nyata dengan adanya IP PABX.

IP PABX

Saat ini PABX dengan konsep IP pun sudah ada sejak 2002-2003 dan rangkaian elektronik perangkat keras untuk menyediakan sambungan pesawatpun bergeser kepada kemampuan perangkat lunak yang mampu menyediakan sambungan telepon melalui switch dari peralatan LAN yang awalnya disediakan untuk sambungan antar komputer.

Pada kesempatan yang akan datang kami akan menuliskan tentang; Bagaimana menentukan dan memilih pabx yang akan dibeli agar tepat guna, tidak berlebihan tidak kekurangan atau tidak sesuai keinginan baik dalam hal kapasitas dan fungsi akan dibahas pada kesempatan lainnya.