Petir musuh PABX nomor satu

Bagaimana agar petir tidak merusak PABX Anda?

Sebelum membicarakan langkah yang perlu dilakukan. Ada hal yang perlu diketahui lebih dulu, dengan memasang anti petir bukan berarti akan menjamin tidak adanya kerusakan sama sekali pada perangkat yang akan dilindungi tetapi akan mengurangi akibat dari tegangan tinggi yang mampir. Hal pengamanan ini dapat
diibaratkan seperti satu pantai yang tanpa pengaman tembok dari serangan tsunami dengan pantai yang sudah disiapkan benteng-benteng untuk mengurangi akibat hantaman tsunami.
Untuk mengamankan pabx dari kerusakan dapat dilakukan 2 langkah ini:
1. Pasang arrestor pada sisi line Telkom, jika perlu pasang 2 titik penapis tegangan tinggi yakni satu di sisi box telkom yang masuk ke dalam area milik bangunan Anda dan satu lagi penapis tegangan tinggi tersebut dipasang pada MDF dekat PABX dan sambungkan ke grounding yang telah dibuat. Arrestor ini harus dihubungkan ke grounding dengan spesifikasi 0,5 Ohm.
2.Pasang Arrestor di sisi listrik yang mensuplay tegangan AC 220 V ke PABX.

Pemasangan ini akan mengurangi resiko bahaya petir yang mengakibatkan sistem pabx mengalami kerusakan parah. Untuk menyiapkan grounding yang baik memang terkadang tidak sesuai dengan harga produk terutama untuk pabx dengan kapasitas kecil, tetapi untuk sistem pabx berkapasitas 100 extension lebih adalah sangat dibutuhkan, hal ini karena komunikasi dengan pelanggan maupun komunikasi internal seperti di rumah sakit, hotel dan pabrik yang areal cakupannya luas. Grounding, dalam hal ini menjadi keharusan dan kebutuhan. Untuk pabx yang lebih kecil kapasitasnya maka perlu dilakukan pendekatan lain agar dengan biaya yang tetap murah, tetapi masih bisa menyelamatkan kerusakan yang parah.