Nomor hunting di bel tetapi tidak menjawab

Cara memeriksa dan penyebabnya akan diuraikan dalam penjelasan di bawah ini.

Nomor hunting di bel tetapi tidak menjawab mungkin sering kita alami, walau kadang kita tak mengetahui, mengapa hal demikian terjadi. Penulis sering mengalami masalah ini pada saat menghubungi nomor - nomor layanan air lines, hotel, bank, perkantoran.

Kalau penulis mengalami hal ini, caranya bel nomor itu berkali-kali atau jika tidak berhasil, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan menghubungi nomor hunting itu serentak dari dua telepon atau lebih. Biasanya akan ada yang menjawab telepon tersebut.

Mengapa hal ini dapat terjadi?
Ada 3 penyebab yang sering ditemui dan ada 4 cara memeriksanya untuk memastikan problemnya ada disisi manakah.
  1. Salah satu nomor huntingnya rusak atau mati atau terputus atau salah nomor telepon orang lain yang tidak dikenal yang 'dimasukkan' ke pabx. Cara memeriksa ambil line satu persatu dari pesawat digital yang ada tombol linenya dan periksa satu persatu apakah ada line yang tidak ada nada pilih langkah berikutnya cek nomornya dengan menghubungi nomor handphone sehingga dapat diketahui nomornya milik kita atau bukan. Laporkan pada petugas TELKOM atau provider terkait atas temuan itu.
  2. Nomor yang dihunting kelebihan. Artinya bila nomor yang dihunting seharusnya ada tiga yang diprogram bisa empat atau lebih. Biasanya ini terjadi pada saat pemasangan atau pengaktifan pertama pada saat hunting diprogram oleh pihak Provider. Caranya memeriksa adalah buatlah line hunting yang ada menjadi sibuk dan bel sekali lagi, periksa apakah nada sibuk yang terdengar? Jika terdengar nada sibuk berarti nomor yang dihunting benar. Juga periksa apakah semua nomor yang dimintakan untuk di hunting dapat berdering sesuai keinginan awal.
  3. Card CO pada pabx bermasalah atau program ada yang salah. Untuk kejadian ini ada dua kemungkinan yang menyebabkan masalah; yang pertama bisa terjadi mendadak karena pada port CO tertentu di pabx terjadi kerusakan. dan kemungkinan kedua adanya salah program, tetapi untuk program yang salah, seharusnya dapat diketahui pada saat program dan testing awal.
  4. Line kepala hunting dihubungi nada panggil, tetapi tidak ada line yang berkedip pada pesawat digital yang ada, padahal seluruh line dalam kondisi baik dan nomor huntingnya berfungsi di semua line yang ada. Ini mirip kasus nomor 2. Cara periksanya adalah hubungi nomor kepala hunting dan ambil line yang ada secara cepat mulai dering kedua, atas semua line yang ada secara berurutan, jika ada masalah di PABX maka line yang dihubungi akan terambil dan dapat digunakan untuk komunikasi. Bila tidak ada line yang dapat digunakan untuk komunikasi berarti masalah adalah diluar PABX. Apalagi jika seluruh nomor telepon sudah dapat digunakan untuk menelpon keluar atau bercakap cakap tanpa kendala.
Cara memeriksa CO line rusak atau tidak: