3 Kesalahan yang sering dalam set PABX

Memasang PABX terlihat mudah dan tidak sulit sama sekali, memang memprogram pabx untuk sekedar menerima telepon dan menelpon keluar terlihat mudah karena semua teknisi bahkan orang awam dapat melakukannya.
Ada 3 kesalahan yang sering ditemukan dalam memasang pabx yang dapat berakibat sistem tidak berfungsi maksimal pada saat traffic telepon cukup tinggi dan pada saat darurat.
Kesalahan yang sering ditemukan:
  1. Memasang mesin penjawab external yang dikenal dengan auto attendant tanpa memperhatikan kemampuan pabx. Yang berakibat mesin penjawab pabx tidak berfungsi pada saat traffic percakapan internal maupun external tinggi atau padat. (lihat masalah pabx no.10)
  2. Tidak merencanakan penempatan titik extension yang terpasang dengan baik, malah titik extension dipasang secara berurutan dengan slot dan port dari pabx sehingga pada saat ada kerusakan pada card yang terpasang pada slot tersebut seluruh extension yang terdapat pada area tidak berfungsi. Padahal telepon dipasang untuk memudahkan komunikasi antar bagian. Ini sering terjadi untuk pemasangan pabx 40 extension keatas, yang sudah layak untuk dilakukan perencanaan yang lebih baik.
  3. Membiarkan pemrograman trunk CO apa adanya sehingga pengambilan line Telkom tidak berpindah dari satu line ke line yang lain. Hal ini terasa pada saat ada line Telkom atau line yang terhubung ke PABX tidak berfungsi sehingga extension seakan - akan tidak dapat menelpon keluar karena pada saat traffic menelpon keluar sangat rendah setiap kali extension dial "9", extension mengambil line yang rusak.
Masih ada banyak hal lain lagi yang karena tidak direncanakan maka sistem pabx tidak dapat berfungsi maksimal. Ini hanya 3 hal terbanyak yang ditemukan dalam kurun 20 tahun penulis berkecimpung dalam dunia pabx.
Tampaknya melakukan program pabx memang mudah tetapi bila tidak diperhatikan kunci-kuncinya dan tidak mengerti sistem dari pabx yang dipasang dapat fatal akibatnya.
Pilihan ada pada kita mau memilih yang mana?
Biaya program murah atau mahal itu relatif namun kwalitas perencanaan sangat menentukan, dan perencanaan bukan hanya dari sisi penjual namun harus dibantu dari sisi pengguna atau konsumen atau pembeli produk dalam menyampaikan data yang diminta seperti nomor extension, departement dan denah ruang lokasi extension.