Port pada pabx TEM824 mati

4 langkah memastikan kondisi port PABX Panasonic TES824 atau TEM824 yang pesawatnya mati.

Peralatan yang perlu disiapkan
  • Obeng +, 
  • pesawat telepon key untuk kerusakan pada port 1 sampai 16
  • kabel line 2 pair (isi 4 wire) 
  • dan catatan nomer jack berikut nomer extension.
  • pesawat single line telephone
 Langkah yang perlu dilakukan:
  1. Mengetahui nomor extension yang rusak dan mencocokkan dengan catatan terakhir yang ada untuk mengetahui jack atau port dari pabx yang mati.
  2. Buka 'top front cover' dengan mengendorkan sekrup yang ada kemudian menekan tanda panah kiri dan kanan pada 'top front cover' dan mengangkat sedikit 'top front cover' untuk melepaskan dari body pabx. Lihat gambar 1.
  3. Lepaskan jack yang portnya diduga mengalami kerusakan. Perhatikan jack extension terletak di sebelah kanan (lihat pada gambar 2 tertulis Extension Modular Jacks) jack 1 mulai dari sebelah paling kiri dan berakhir pada jack 8 yang paling kanan
  4. Kemudian test terlebih dahulu dengan pesawat Key Telephone.
    1. Bila extension dapat berfungsi periksa terlebih dahulu apakah sesuai dengan nomor extension yang mengalami kerusakan. Dengan demikian dapat dipastikan problem ada di kabel yang menghubungkan dari pabx ke titik di ruangan telepon terpasang.
    2. Bila dihubungkan pesawat key telephone tidak berfungsi, maka periksalah dengan menggunakan pesawat single line telephone. Jika berfungsi SLTnya maka kerusakan ada di rangkaian data atau pada wire H dan L (lihat gambar 3). Perlu dilakukan perbaikan atau repair pada rangkaian port pada PABX. Hubungi kami di alamat kontak yang ada pada blog ini.

    Gambar 1.



    Gambar 2

    Gambar 3