Pasang PABX | Professional | Gampang?

Memasang PABX? Bisa jadi gampang dan cepat, tetapi perlu diingat untuk membangun sistem yang baik, pasti butuh perencanaan yang cermat, sehingga pekerjaan menjadi lebih kompleks dan otomatis hal ini menjadi tidak mudah dan gampang, karena perlu memerhatikan 6 hingga 8 hal 'utama' berikut ini.

Memasang PABX haruslah dipasang sebagai satu sistem yang terencana, dengan memerhatikan hal seperti:
  1. Mencegah agar extension pada lokasi yang berdekatan tidak mati bersamaan apabila hanya satu card atau satu modul saja yang rusak.
  2. Mencegah agar line yang rusak dari Telkom tidak mengganggu extension sampai tidak dapat menelpon keluar sama sekali dengan mengatur dan menginformasikan bagaimana caranya kepada konsumen yang membeli jasa dari kita sebagai programmer.
  3. Jika dibutuhkan nomor direct yang melalui pabx seperti untuk pimpinan maupun fax ditempatkan sedemikian rupa sehingga bila pabx mati. Line direct dan fax tetap berfungsi.
  4. Mencegah kabel yang terpasang pada sistem jaringan pabx dalam kondisi benar, sehingga tidak terjadi cross talk yang disebabkan oleh jaringan yang ada di dalam 'gedung'. Jadi bukan asal bunyi 'kring' dan bisa dipakai.
  5. Memaksimumkan pemanfaatan fitur call pick up group atau setidaknya menginformasikan cara pickup secara langsung.
  6. Menawarkan dan merencanakan serta memaksimumkan kemungkinan penelpon dari luar lebih mudah menghubungi ke perusahaan yang memanfaatkan pabx meskipun memiliki line dengan jumlah line Telkom relatif terbatas.
  7. Untuk hotel sistem, dibuat agar tamu hotel tidak dapat mentransfer dari extensionnya ke extension lain. 
  8. Untuk wiring menggunakan sistem jumper. Memisahkan LSA Krone untuk kabel yang datang dari PABX dengan LSA Krone untuk kabel yang datang atau menuju meja atau extension dipasang. Terutama untuk extension yang sudah lebih dari 8.
Masih banyak hal lain yang tidak mungkin dirincikan satu persatu di kesempatan ini. Jadi gampang pasang pabx?
Tergantung kebutuhan kita dalam memanfaatkan produk yang kita beli dan mau seperti apa sistem yang kita inginkan.
Empat hal pertama diatas adalah hal yang mendasar dan harus atau wajib di'persembahkan' kepada pembeli jasa para programmer pabx. Teknisi pabx yang tidak memikirkan kepentingan konsumennya dan yang hanya mementingkan kebutuhan kecepatan, kemudahan bagi dirinya sendiri tidak peduli akan hal-hal yang kami sebutkan diatas.

Akhirnya semuanya berpulang kepada pembeli jasa, yang memang mempunyai hak untuk memilih atas jasa yang seperti apa yang hendak dibeli.....

Baca pula: