Tipe Nomor Hunting

Nomor hunting,
Ditinjau dari nomor yang tampil pada pihak yang dipanggil ada 2 tipe,  
  • tipe pertama, nomor telepon yang tampil di pihak yang dipanggil masih tampil nomor telepon aslinya
  • tipe kedua, nomor telepon yang tampil di pihak yang dipanggil adalah selalu nomor kepala hunting
Ditinjau dari cara telepon untuk hunting didistribusikan juga ada 2 tipe yang umum dikenal,
  • Tipe Linear, yaitu jika nomor kepala hunting dipanggil, maka giliran line yang berdering akan berdering berdasarkan line dengan nomor urut terendah. Jadi jika nomor tersebut tidak sibuk maka panggilan akan selalu 'jatuh' pada nomor yang punya 'urutan' lebih kecil. Nama lain untuk tipe hunting ini adalah serial hunting atau terminate hunting.
  • Tipe Circular, dimana panggilan akan 'jatuh' ke semua line yang ada secara bergilir. Jadi setelah ada panggilan ke line yang pertama, maka panggilan berikutnya akan berdering pada line kedua, berikutnya ketiga dan seterusnya sampai line yang terakhir, untuk kemudian diulang dari yang pertama.
  • Tipe lainnya adalah tipe Line Idle yang terlama, Jadi panggilan telepon akan diteruskan ke line yang paling lama tidak digunakan 

Untuk kondisi PABX yang sudah diatur PFT atau Power Failure Transfernya maka ada baiknya untuk memilih tipe nomor asli dapat dipanggil sedangkan untuk tipe linear atau circular dapat dipilih sesuai kebutuhan.
Untuk sistem distribusinya, menilik dari keuntungan bila ada problem pada salah satu nomor, baik pada kepala hunting maupun anak hunting yang terpasang maka sebaiknya menggunakan tipe Circular saja.

Semoga informasi ini bermanfaat.