Telepon extension tidak berdering

Pada kesempatan sebelumnya diungkapkan cara memeriksa masalah extension yang tidak berdering. Ada 4 hal yang harus diperiksa, berikut kami akan ungkapkan lebih rinci tujuan pemeriksaan 4 langkah tersebut:
  1. Pemeriksaan pertama adalah memeriksa apakah teleponnya bisa digunakan untuk menelpon keluar?
    • Maksudnya adalah untuk memastikan telepon tersebut tidak terputus dengan PABXnya, dan cek pula apakah bila diangkat terdengar nada pilih (tuuuuuuuuuuuuuuuuut) atau nada sibuk (tut  tut  tut  tut  tut  tut  tut) serta cek pula apakah ringernya pada posisi off.
    • Pada kesempatan ini cek pula dengan pesawat lainnya yang sejenis misal SLT dipasang di extension yang sama. bagaimana hasilnya atau pesawat extension ini dibawa ke meja lain yang pesawatnya sejenis, apakah bisa berdering?
    • Jika perlu test di line direct, jika pesawat tidak masalah, lanjutkan dengan pemeriksaan ke 2 berikut ini.
  2. Cek nomor extension berapa saja yang tidak berdering? Apakah hanya satu extension atau lebih?
    • Jika hanya 1 extension maka ada kemungkinan card atau port pada PABX rusak.
    • Jika lebih dari 1 dan ditemukan pada slot yang berbeda-beda maka lanjutkan dengan memperhatikan hal yang disebutkan pada 2 langkah berikutnya.
  3. Apakah unit PABXnya terdiri dari 1 shelf atau lebih?
    • Jika lebih dari 1 shelf, cek apakah extension yang tidak berdering terletak pada shelf yang sama atau berbeda? Jika pada shelf yang berbeda ada kemungkinan besar masalahnya dari CPU / TSW / MPR.
  4. Apakah extension yang tidak berdering terletak pada shelf yang sama?
    • Jika hanya pada shelf yang sama ada kemungkinan masalah pada PSU atau trafo ringer untuk model tertentu. 
Demikian cara pengecekan problem extension berdering. Sekarang dengan pengetahuan ini yang sudah dimiliki, maka untuk langkah yang lebih cepat, Anda perlu memiliki unit pengganti. Kami anjurkan untuk memiliki unit back up atau pengganti terutama unit PSU untuk masing - masing PABX yang dimiliki. Hubungi kami JAFATELINDO PRIMA di 021 54 390 397.