PABX berjamur kena tetesan air

Kejadian ini memang langka, bahkan selama 13 tahun terakhir, kami baru menemukan 2 kasus PABX berjamur.

Sudah ada dua konsumen kami yang menggunakan PABX (dan membeli dari kami) mengalami masalah kerusakan karena jamur. Satu dari mereka, PABXnya kena tetesan air dari air hujan yang merembes di dinding dan satu lagi yang lain, kena air hujan yang menetes dari langit-langit di tengah ruangan server, namun karena masih dapat digunakan maka unit PABXnya tidak dilakukan pengeringan atau dibawa ke tempat kami untuk dilakukan perbaikan.

Sering kali hal tetesan air ini, dianggap sepele dan sering diabaikan, terlebih jika unit PABXnya masih berfungsi pada saat dinyalakan kembali setelah sempat mati.

Ini adalah pelajaran dan pengalaman berharga, jadi kami melalui blog ini , mencoba mengingatkan para pengguna barang elektronik khususnya PABX bila unit elektroniknya terkena air dalam jumlah banyak atau sedikit sekalipun, maka HARUS dan perlu dilakukan pembersihan dari kandungan air yang mungkin masih menempel agar unitnya tidak rusak karena terkena jamur dan mungkin juga reparasi atas parts yang rusak akibat cairan (air).

Jika tidak ada kerusakan, pihak pengguna sendiripun dapat melakukan pembersihan secara mandiri, jadi tidak perlu memanggil teknisi PABX, dan bila ini dilakukan sesegera mungkin, maka akan sangat berguna, agar jamur tidak tumbuh di PCB tersebut. Bila tidak dibersihkan dari bekas tetesan air, maka kemungkinan beberapa hari kemudian akan tumbuh jamur yang akan merusak seluruh komponen dan jalur rangkaian dari PCBnya.

Untuk membersihkan PCB, gunakan cairan pembersih khusus PCB.

Semoga informasi ini berguna bagi kita semua.

Baca pula: Lokasi yang tidak cocok untuk penempatan PABX