PABX Panasonic: Masalah welcome greeting pada DISA / AA

Ada salah satu distributor CCTV yang belakangan sering saya hubungi kadang mesin PABXnya tidak memperdengarkan welcome message. Bila hal ini terjadi, maka saya bisa lama menunggu untuk dijawab teleponnya dan tidak jarang saya harus mengulang beberapa kali untuk mendengar welcome messagenya dan mendial extension yang dituju.
Kebetulan mereka menggunakan PABX Panasonic KX-TES824 yang memang sudah ada DISA (direct inward system access) 1 channel. Hal inilah yang mengakibatkan kadang pada saat ada orang lain yang sudah mendengar welcome message dan sedang dilayani oleh mesin yang hanya 1 channel tersebut, maka saya yang menyusul menghubungi kantor mereka pada saat yang hampir bersamaan tidak memperoleh suara welcome message dari PABX tersebut.

Ibaratnya 'operator' dari PABX itu hanya satu dan sedang melayani orang yang hendak minta dihubungkan ke extension tertentu maka 'operator' dari PABX tersebut tidak dapat melayani pemanggil berikutnya. Berbeda dengan operator sungguhan yang adalah manusia yang bisa cerdas melayani pemanggil karena bisa menimbang-nimbang bagaimana caranya melayani dengan cepat meski orang yang menghubungi kadang tidak bisa cepat merespon ketika ditanya, maka operator sungguhan akan menghold dulu sebentar untuk segera melayani bel masuk lainnya dan cepat kembali melayani pemanggil yang dihold tadi.

Karenanya, jika memang di kantor Anda ingin menggunakan operator mesin yang telah disediakan oleh PABX maka saya sangat sangat menganjurkan untuk tidak memasang hanya 1 channel untuk melayani orang yang menghubungi kantor Anda, kecuali bapak / ibu hanya ada 1 line telepon yang dimasukkan ke PABX. Gunakan minimum dua channel atau bahkan lebih agar orang yang menghubungi kantor Anda tidak menunggu dan mengulang-ulang menghubungi kantor Anda gara-gara Anda tidak menyadari bahwa hal demikian sungguh mengganggu.

Ini adalah salah satu kendala pada penggunaan DISA atau AA pada PABX merk apapun. Untuk mengetahui kendala lain dari DISA segera kami ungkap minggu depan. Mohon tunggu.