Cara periksa kabel putus tanpa AVOmeter [ohm meter]

Bagaimana cara cek kabel telepon yang putus tanpa AVO meter (Ampere Volt Ohm Meter) atau ketika multimeter rusak?

Dengan peralatan terbatas kita masih bisa mendeteksi kabel mana yang rusak atau putus. Semoga artikel ini bisa berguna pada saat Anda sebagai teknisi terdesak untuk membuktikan kerusakan yang terjadi diakibatkan oleh kabel yang terputus, sehingga dengan putusnya salah satu kabel dari kabel 2 pair itu, pesawat key telephone analog yang butuh 4 kabel tidak dapat berfungsi. Kondisi ini dapat dilakukan untuk kabel telepon 2 pair atau lebih, dan pada kondisi setidaknya ada 1 pair / 2 kabel yang tidak putus.
Peralatan yang mutlak dibutuhkan adalah pesawat SLT dan peralatan lain yang menunjang adalah test cord dan connector
  1. Siapkan kabel 1 pair yang ujungnya dihubungkan ke port SLT dari PABX dan ujungnya lainnya dikupas (kita sebut kabel A dan B)
  2. Siapkan test cord (sebut kabel I dan II) dengan connector dan kabel line yang terhubung ke pesawat SLT
  3. Pada media kabel yang hendak diperiksa kupas kedua ujungnya (ujung yang satu putih1, biru 1, merah1, hitam1; ujung lainnya putih2, biru2, merah2, hitam2)
  4. Anggap media kabel putih biru baik, sambungkan kabel putih1 dan biru1 ke kabel A dan B dan pada kabel putih2 dan biru2 tempelkan ke test cord maka bila pesawat SLT dapat digunakan berarti kabel putih biru baik.
  5. Tukar salah satu kabel biru1 ganti dengan kabel merah1 dan pada ujung lainnya biru2 ganti dengan merah2. Jika pesawat telepon masih berfungsi berarti kabel merah baik.
  6. Berikutnya ganti kabel merah1 tadi dengan kabel hitam1 dan lanjutkan pemeriksaan